15 Juta Data Pengguna Dikabarkan Bocor, Tokopedia Sarankan Ganti Password

Jakarta, Selular. ID – Kalau Anda mempunyai akun di Tokopedia, sekarang saatnya ganti kata sandi atau password. Pasalnya, salah utama unicorn Indonesia itu dikabarkan menikmati kebocoran data.

Akun Twitter @underthebreach menuding sebanyak 15 juta data pribadi pengguna e-commerce itu bocor dan ditawarkan pada forum online. Dikatakan peretasan berlaku pada Maret 2020.

Menanggapi tudingan tersebut, kepada Selular. ID, Nuraini Razak, selaku VP of Corporate Communications Tokopedia, melalui pesan singkat, mengutarakan, perusahaannya selalu berupaya menjaga kerahasiaan data pengguna karena bisnis Tokopedia adalah bisnis kepercayaan.

“Keamanan data pengguna merupakan preferensi utama Tokopedia, ” tegasnya.

Berkaitan dengan isu yang beredar, Nuraini mengatakan pihaknya menjumpai adanya upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia, namun ia memastikan, informasi penting pengguna, seperti password, tetap berhasil terlindungi.

Kendati demikian, Nuraini menyarankan pemakai untuk mengganti password.

“Meskipun password dan informasi penting pengguna tetap terlindungi di pulih enkripsi, kami menganjurkan pengguna Tokopedia untuk tetap mengganti password akunnya secara berkala demi keamanan serta kenyamanan, ” ujarnya menyarankan.

Lebih lanjut, Nuraini menuturkan Tokopedia serupa menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun, dan selalu mengedukasi semesta pengguna untuk tidak memberikan tanda OTP kepada siapapun dan untuk alasan apapun.

“Saat ini, kami terus melakukan penyelidikan dan belum ada informasi lebih lanjut yang dapat kami sampaikan, ” tutupnya.

Jadi pencegahan, mengganti password akun Tokopedia Anda adalah langkah paling benar saat ini.