Apple Luncurkan AirTag, Alat Pelacak Pintar untuk Bantu Temukan Benda Hilang

Jakarta, Selular. ID – Setelah sekian lama dinantikan, Apple akhirnya mengumumkan kehadiran AirTag. Perangkat ini ialah alat pelacak pintar dengan punya desain menarik dan simpel.

AirTag adalah kendaraan pelacak kecil dan rendah yang menggunakan teknologi ultra wideband. Pengguna dapat memburu lokasinya melalui aplikasi Find My Apple yang terpasang di iPhone atau iPad.

Menurut penjelasan Apple, perangkat AirTag telah tahan air dan debu, dibuktikan melalui sertifikasi IP67. Perangkat mungil ini pula memiliki speaker dan aki yang dapat diganti penggunannya, serta menawarkan daya awet lebih dari satu tahun.

AirTag dapat diletakkan di dalam tas atau benda-benda yang lain. Saat dilacak, aplikasi akan menunjukkan lokasi terakhir dimana perangkat AirTag terdeteksi. Kalau berada dalam jangkauan Bluetooth, pengguna dapat membunyikannya menggunakan ponsel pintar.

AirTag dapat dilacak menggunakan kombinasi chip U1 internal dan teknologi Ultra Wideband. Apple menyebut perangkat ini bekerja secara Precision Finding dan memakai input dari kamera, ARKit, akselerometer, dan giroskop.

Apple juga menyediakan aksesoris bunga untuk mempercantik tampilan AirTag. Salah satunya adalah AirTag edisi Hermes yang eksklusif hadir dengan aksesori jangat buatan tangan. Pengguna selalu bisa mendapatkan ukiran opsi atau emoji di AirTag mereka secara gratis.

Apple AirTag resmi dijual berangkat 30 April 2021 secara banderol harga USD 29 atau setara dengan Rp 400 ribuan. Apple pula menyediakan paket berisi empat AirTag yang dihargai USD 99 atau sekitar Rp Rp1, 3 jutaan.