Demi Turunkan Harga Z Flip, Samsung Siap Produksi Layar Lipat Tunggal?

Jakarta, Selular. ID – Samsung dikabarkan berencana untuk memproduksi cermin layar lipat miliknya sendiri. Kiprah ini dipilih guna menekan nilai produksi dari Samsung Galaxy Z Flip.

Sehingga, diharapkan mampu mendorong turunnya harga ponsel Galaxy Z Flip yang menebus angka puluhan juta. Sejauh tersebut, perusahaan telah memasok kaca adang-adang lipat dari perusahaan sejenis Samsung Display, dikutip dari Gizmochina, Senin (6/4).

Jika rencana berjalan lancar, oleh sebab itu harga kaca layar lipat bisa turun secara bertahap, yang bakal membuatnya lebih terjangkau dibandingkan sebelumnya.

Samsung Galaxy Z Flip saat ini dibanderol $ 1. 400 atau setara Rp23 juta. Dengan harga segitu, hp ini pun tidak terjangkau, apalagi menurut Samsung itu sendiri.

Baca juga: Galaxy Z Flip Jadi Ponsel Lipat Samsung Selanjutnya

Kaca ganda yang digunakan pada perangkat tersebut memiliki ketebalan 30 mikrometer & menelan biaya $ 40 ataupun Rp600 ribuan, cukup jauh bila dibandingkan dengan ponsel biasa dengan hanya menghabiskan $ 2 saja.

Kaca bernama Ultra-Thin Glass (UTG) milik Galaxy Z Flip masih diproduksi oleh DOWOO INSYS, yang pemegang saham terbesarnya adalah Samsung Display. Namun berbeda halnya jika perusahaan dapat menyusun UTG lipat sendiri, sehingga Samsung Electronics dapat bersaing secara langsung dengan perusahaan saudaranya.

Dengan begitu, bakal muncul persaingan antara produsen kaca lipat, yang pada akhirnya menurunkan biaya. Makin, Samsung Electronics juga sudah menyelenggarakan pembicaraan dengan beberapa produsen cermin layar lipat. Sayangnya, belum diketahui apakah Samsung bakal mencapai kesepakatan itu, saat ini belum tersedia konfirmasi dari perusahaannya.