Kinerja Qualcomm Terpangkas Karena Minimnya Pasokan Chip

Jakarta, Selular. ID – Pandemi covid-19 membuat Qualcomm tak kuasa menahan penurunan kemampuan. Tercatat, saham penguasa pasar prosesor mobile itu, turun hingga tujuh, 6% dalam sesi perdagangan dalam Rabu (3/2/2021). Perusahaan mengatakan bahwa kendala pasokan semikonduktor yang mengguncang industri selular menghambat pertumbuhan penjualan.

Noda chip memaksa pembuat mobil kaya General Motors untuk memangkas buatan di beberapa pabrik. Meskipun Qualcomm tidak membuat chip yang menahan pabrik otomotif, perusahaan tersebut bekerja sama dengan beberapa produsen perikatan chip yang sama yang didukung. Eksekutif Qualcomm mengatakan kepada Reuters bahwa pasokan akan tetap terpatok hingga paruh pertama 2021 tanpa merinci masalah pasokan.

“Jika kami dapat menghasilkan lebih penuh, kami dapat menjualnya, ” logat Kepala Eksekutif Steve Mollenkopf.

Penurunan makna saham untuk perancang chip dengan berbasis di San Diego, California itu terjadi bahkan ketika itu memperkirakan penjualan fiskal kuartal kedua dan keuntungan di atas ekspektasi Wall Street, didorong oleh tingginya permintaan smartphone di seluruh dunia, karena pelanggan ingin mencoba set mereka dalam konektivitas jaringan 5G.

Sebelumnya. Wall Street mengharapkan keuntungan dengan sehat bagi Qualcomm setelah pemerintah AS memasukkan Huawei Technologies ke dalam daftar hitam, sebuah modus yang mempersulit merek China buat membangun handset.

Analis berharap sebagian tinggi pangsa pasarnya di pasar smartphone premium mengalir ke pembuat saingan berbasis Android yang menggunakan chip Qualcomm, tetapi keuntungan tersebut mengecewakan investor.

“Sekarang dengan perubahan pasar, kami memiliki 16% dari pasar dengan tidak tersedia untuk kami sebelum tersedia. Jadi saat kami tahu lebih jauh, kami melihat tersebut sebagai ekspansi material yang cukup (addressable market) bagi kami, ”kata Chief Financial Officer Qualcomm Akash Palkhiwala.

Stacy Rasgon, seorang analis di Bernstein, menyebut hasil Qualcomm “terhormat” tetapi mengatakan ekspektasi tinggi. “Ini bukan ledakan, ” katanya.

Strategi Qualcomm berubah karena chipnya menjadi bertambah menguntungkan dan menjadi bagian yang lebih besar dari bisnisnya, tetapi penurunan pendapatan lisensi yang menguntungkan secara bersamaan membuat margin kotornya menjadi datar.

Sepanjang kuartal fiskal baru yang berakhir 27 Desember 2020, Qualcomm mengatakan penjualan dan faedah yang disesuaikan adalah $ 8, 24 miliar dan $ dua, 17 per saham, dibandingkan dengan perkiraan analis sebesar $ 8, 27 miliar dan $ 2, 10 per saham, menurut keterangan Refinitiv. Pendapatan chip dan sertifikat masing-masing $ 6, 53 miliar dan $ 1, 66 miliar, melampaui perkiraan, menurut data FactSet.

Qualcomm memperkirakan penjualan dengan titik pusat $ 7, 6 miliar dan laba yang disesuaikan pada bercak tengah $ 1, 65 bagi saham, sedikit di atas ekspektasi, menurut data IBES dari Refinitiv.

Qualcomm adalah pemasok chip terbesar di dunia yang membantu ponsel terhubung ke jaringan data selular, menyediakan chip untuk Apple Inc dan pembuat handset lainnya. Qualcomm mengungkapkan bahwa penjualan chip ke Apple sedikit kurang menguntungkan daripada penjualan chip ke pembuat ponsel lain karena Apple juga tidak mengambil perangkat lunak tambahan dari Qualcomm seperti yang dilakukan oleh pelaksana perangkat Android.

Tetapi perusahaan juga mendirikan bisnis yang memasok chip ke pembuat mobil seperti General Motors, yang pekan lalu mengungkapkan kemufakatan untuk mendapatkan chip dari Qualcomm, dan menantang Intel Corp dengan prosesor baru untuk laptop dan komputer desktop.

Dua lini bisnis perusahaan yang lebih baru – chip frekuensi radio untuk membantu unit menangani sinyal 5G yang bertambah baru dan chip internet-of-things (IoT) untuk perangkat seperti headphone nirkabel – kini telah menjadi usaha bernilai miliaran dolar per kuartal.

Cristiano Amon, Presiden Qualcomm yang hendak mengambil alih sebagai kepala eksekutif pada bulan Juni, mengatakan kongsi itu “dilindungi dengan baik” di antara pemasok chip karena sumber suku cadangnya dari beberapa pembuat kontrak seperti Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC) dan Samsung Electronics.

Tapi tempat menambahkan bahwa permintaan melebihi pasokan karena saingan Huawei, yang beberapa besar tidak menggunakan chip Qualcomm, masuk untuk mengambil pangsa pasar merek China.

“Kami melihat pertumbuhan pangsa di tingkat tinggi yang ulung, ” kata Amon.

Qualcomm memperkirakan bintik tengah pendapatan $ 6, 25 miliar untuk bisnis chipnya pada kuartal kedua fiskal, satu digit di atas perkiraan $ 5, 62 miliar, menurut data sebab FactSet. Qualcomm memperkirakan titik sedang penjualan untuk bisnis lisensi, dengan memiliki margin lebih tinggi daripada bisnis chip dan menghasilkan banyak keuntungan, $ 1, 35 miliar, lebih rendah dari perkiraan $ 1, 43 miliar, menurut FactSet.

Penjualan chip yang lebih tinggi – dan chip dengan margin dengan lebih baik – menyumbang prediksi laba perusahaan yang di berasaskan ekspektasi meskipun kurang dari prediksi untuk bisnis perizinannya, Palkhiwala mengucapkan kepada Reuters.

Qualcomm juga mengungkapkan pemasaran kuartal pertama untuk chip handset adalah $ 4, 22 miliar, melonjak 79% dari tahun sebelumnya karena kekuatan peningkatan ponsel 5G. Penjualan chip frekuensi radio, area pertumbuhan Qualcomm, meningkat 157% menjelma $ 1, 06 miliar. Pemasaran chip otomotif mencapai $ 212 juta, naik 44% dari tahun sebelumnya.

Meski masih menjadi pemain besar di industri prosesor mobile, akhirnya agresifitas pesaing terdekat seperti MediaTek terus menggerogoti pasar Qualcomm. Masukan dari Counterpoint mengungkap lebih dari 100 juta ponsel terjual dalam Q3 2020 dimana MediaTek mendapatkan bagian terbanyak.

Menurut laporan tersebut, MediaTek merebut 31% dari pangsa pasar chipset ponsel global pada Q3 2020. Meskipun tidak berharta di puncak kategori 5G, kongsi asal Taiwan tersebut menyalip Qualcomm dengan pertumbuhan sebesar 2% & juga mencatat pertumbuhan tahunan (YoY) 5%. Dengan pencapaian itu, MediaTek mendapat predikat vendor chipset terbesar untuk pertama kalinya menundukkan seteru beratnya Qualcomm.