Memahami Clubhouse, Aplikasi Baru Berbasis Audio Yang Viral Berkat Elon Musk

Jakarta, Selular. ID – Belakangan tersebut, warganet di seluruh dunia tercatat di Indonesia, sedang diramaikan secara kehadiran sosial media baru yakni Clubhouse. Platform ini mulai popular Setelah dipakai oleh Elon Musk , seorang miliader popular di dunia yang sekali lalu pendiri beberapa perusahaan teknologi populer seperti Tesla dan SpaceX.

Clubhouse merupakan aplikasi dengan dirancang secara sederhana, didirikan sebab Paul Davidson . Konsep dari clubhouse ini merupakan sosial media Eksklusif yang berbasis audio. Dibilang Eksklusif karena tidak sembarang orang bisa masuk ke sosial media ini. Pengguna cuma bisa bergabung ke aplikasi ini jika diundang oleh pengguna lainnya.

Di dalam clubhouse terdapat banyak room dan diisi oleh beberapa pembicara yang mempercakapkan topik-topik tertentu. Tampilan di dalamnya hanya menampilkan foto profil sejak beberapa peserta yang disertai dengan audio dari masing-masing pengguna.

Kesannya seperti webinar atau talkshow tetapi hanya audio selalu. Semua pembicara terjadi secara live dan tak dapat direkam, pemakai hanya bisa mendengar jika diundang ke ruang obrolan Clubhouse itu.

Baca juga: Google Lakukan Uji Coba Fitur Dark Mode Pada Laman Penelusuran

Hampir setiap aplikasi barak modern memang sudah memiliki fitur pesan suara dan obrolan maupun panggilan konferensi. Namun, yang menarik dari Clubhouse dibanding aplikasi yang lain yaitu pengguna dapat memilih topik yang menarik, seperti sains, crypto, startup, politik AS, dan asing sebagainya. Aplikasi kemudian akan merekomendasikan pengguna berupa ruang percakapan buat bergabung.

Setelah pemakai masuk, pengguna akan melihat daftar ruangan yang dapat pengguna ikuti berdasarkan topik yang dipilih. Era pengguna bergabung dengan sebuah ruangan, pengguna akan melihat daftar peserta dan mendengarkan orang-orang membicarakan topik tertentu.

Ruang Clubhouse diselenggarakan oleh para ahli, selebriti, pengusaha, jurnalis, dan masih banyak lagi yang telah menjajal penerapan yang hampir mirip seperti podcast ini. Hal unik lainnya sebab aplikasi ini yaitu pengguna dapat mengangkat tangan dan mengajukan pertanyaan, mem-ping seseorang di ruangan, atau pergi meninggalkan platform obrolan. Itu benar-benar mirip seperti program talkshow ataupun konferensi pers namun berbasis virtual.

Sayangnya, saat ini Clubhouse hanya dapat digunakan oleh pengguna iPhone. Namun, nampaknya Clubhouse sedang mengusahakan agar kedepannya aplikasi ini dapat digunakan oleh semua orang termasuk pengguna Android. Kita tunggu saja.