Nokia: Video Streaming dan Videoconferencing Mendominasi Trafik Global

Jakarta, Selular. ID – Selama penerapan kecendekiaan social distancing di beberapa negara tercatat Indonesia, layanan video conference menjelma solusi bagi pekerja yang kudu tetap bekerja dari rumah. Namun ternyata, layanan video streaming pun ikut melonjak.

Hal itu disampaikan dalam laporan terbaru Nokia Deepfield yang terus melaksanakan pemantauan terhadap dampak global & lokal pandemi COVID-19 pada jaringan di seluruh dunia.

Melalui big keterangan generasi selanjutnya yang didukung sebab kecerdasan jaringan (Network Intelligence) & teknologi analitik, ditemukan pertumbuhan di dalam lalu lintas (trafik) jaringan ijmal per tanggal 9 April 2020.

Beberapa hasil riset Nokia Deepfield yang dipaparkan oleh Craig Labovitz, Chief Technology Officer for Nokia Deepfield portfolio of Network Intelligence, Analytics and DDoS Security products, tersaji dalam laporan di blog resmi perusahaan, antara lain:

  • Peak traffic tetap mengalami peningkatan di seluruh wilayah, sebagian besar akibat trafik gambar streaming dan videoconferencing, namun penambahan tidak terlihat signifikan. Selain itu, jaringan dapat terus mendukung penambahan trafik.
  • Pertumbuhan di dalam subscriber upstream traffic – di atas 30% dari rata-rata
  • Distributed Denial of Service (DDoS) traffic meningkat lebih dibanding 40%

Upstream is on the upswing

Tahu trafik upstream (di beberapa jaringan di US) selama Maret 2020, ditemukan peningkatan 30% pada trafik upstream melebihi level sebelum pandemi.

Di beberapa jaringan di Eropa, rata-rata, per-consumer upstream berada di 1. 7 Mbps – meningkat dari 1. 1 Mbps dari awal Maret serta tetap di level ini pada periode yang lama dalam utama hari.

Kenaikan upstream traffic ini merupakan akibat daripada pertumbuhan yang sangat fenomenal di dalam penggunaan videoconferencing dan collaboration tools, yang membutuhkan bandwidth lebih luhur.

Terlihat juga adanya peningkatan di trafik hulu Microsoft Office karena hampir seluruh klub yang bekerja dari rumah menggunakannya.

Video on demand tetap mendominasi trafik akhir minggu

Akhir pekan (khususnya di malam hari) selama lockdown menjadi tolak ukur apakah jaringan dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

Trafik network yang terjadi di peak hours (Jumat – Minggu, sekitar pukul 20. 00 – 22. 00) menyiarkan video on demand (atau subscription video on demand, SVOD).

Peningkatan penggunaan web browsing

Penemuan menarik yang lain adalah selama hari kerja serta akhir pekan, web browsing meningkat menjadi aplikasi yang mendominasi trafik kedua setelah aplikasi video (SVOD and videoconferencing), dengan volume bertambah tinggi dibandingkan gaming, social networking, dan peer-to-peer (p2p)

Trafik Akhir Pekan: Pemantauan Global selama Maret 2020

Trafik akhir pekan selama bulan Maret, untuk beberapa jaringan di Eropa, US, dan Amerika Latin:

  • Jaringan di Eropa terbilang stabil dalam mendukung kenaikan jaringan di akhir pekan, performa jaringan lebih baik dibandingkan periode sebelum pandemi.
  • Melihat beberapa jaringan di US, terlihat jaringan terbesar memiliki pertumbuhan yang memutar substansial, di beberapa jaringan itu, trafik akhir pekan terus menyusun, melebihi level sebelum pandemi yakni berkisar antara 20% dan 30%+.
  • Di jaringan Amerika Latin, ada penurunan kebutuhan pada akhir bulan, namun secara umum trafik puncak akhir pekan tumbuh lebih dari 20% di seluruh jaringan yang diobservasi. Seperti halnya US, terlihat jaringan terbesar memiliki pertumbuhan yang paling substansial pada akhir pekan.