Pegipegi Ungkap Fakta Menarik Akhir Tahun dan Prediksi Tren Traveling 2021

Jakarta, Selular. ID – Akhirusanah 2020 lalu, Pegipegi memper program diskon Wip Hura (WWH) yang memberikan diskon pemesanan tiket pesawat, hotel, kereta api, bus dan travel hingga 70%. Menggunakan program ini, Pegipegi berhasil menemukan 4 fakta menarik terkait secara tren traveling pada periode Libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Transaksi Naik 2x Lipat

Melalui Program ini, Pegipegi berhasil meningkatkan transaksi lebih dari dua kali ganda jika dibandingkan dengan periode new normal biasanya. Berdasarkan data pemesanan pengguna promo Wip Hura, diketahui juga bahwa periode check-in memutar banyak yaitu untuk pemesanan di dalam hari libur Natal hingga tahun baru 2021.

Hal ini sejalan secara survei yang telah dilakukan Pegipegi pada 9 -16 November 2020 dengan lebih dari 1. 490 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari survei ini jadi diketahui bahwa Sebanyak 75% klub Indonesia berencana untuk melakukan traveling pada akhir tahun 2020.

Destinasi Favorit Libur Natal & Tahun Baru 2021

Berdasarkan data internal Pegipegi, destinasi favorit pemesanan tiket pesawat yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dan Batam. Pada pemesanan gerobak, destinasi favoritnya adalah Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Bandung.

Sedangkan untuk pemesanan bus dan travel, destinasi favoritnya ialah Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, serta Surabaya. Jarak periode pemesanan tiket berkisar antara satu hingga besar minggu dari periode check-in ataupun keberangkatan.

Tren Staycation Meningkat

Pada pemesanan hotel periode libur Natal dan Tahun Baru 2021 ini, terlihat adanya peningkatan tren staycation, di mana pemesanan hotel berada pada kota domisili pelanggan. Sejauh tersebut, tren staycation masih berada dalam kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Sial, dan Bali.

Perkiraan Tren Traveling 2021

Menilik data Pegipegi, akan tersedia perubahan utama terhadap tren traveling pada tahun 2021 ini. Satu diantara insight yang berhasil didapatkan adalah dimana pada awalnya fokus penetapan hotel dari konsumen yang di dalam mulanya lebih mengedepankan hotel yang unik, instagramable, atau murah. Namun selama pandemi ini, masyarakat bertambah fokus melihat aspek kesehatan & keamanan yang lebih penting.

Berkaca dengan insight tersebut, Pegipegi telah memiliki fitur Clean & Safe untuk memudahkan pelanggan untuk mencari akomodasi yang sudah menerapkan protokol kesehatan. Hal ini sejalan dengan penggunaan fitur Clean & Safe yang merupakan fitur paling banyak digunakan pelanggan semasa periode new normal.

Selain itu, fitur asuransi perjalan Pegipegi Travel Protection juga menjelma fitur yang juga diminati sebab pelanggan di situasi yang tidak menentu seperti saat ini. Pegipegi Travel Protection memberikan perlindungan atas kesialan, mulai dari risiko yang ditimbulkan oleh perjalanan dengan pesawat, tetapi juga perlindungan kesehatan hingga COVID-19.

Shella Dellina, Brand Marketing Manager Pegipegi mengatakan, “Program Wip Hura kami hadirkan untuk mengakomodir kebutuhan permintaan pemesanan akomodasi dan transportasi dengan harga yang lebih terjangkau bagi setiap pelanggan Pegipegi, sekaligus mendukung pemerintah dalam rangka pemulihan industri pariwisata Indonesia. Keberhasilan agenda ini juga tidak lepas sejak kerjasama strategis seluruh partner kami seperti partner hotel, maskapai, dan bank partner. ”

“Kami optimis pada tahun 2021 industri travel akan semakin sembuh. Kami memprediksi travel domestik mau lebih cepat untuk pulih beserta tren staycation akan semakin meningkat. Beberapa faktor yang akan menghasilkan kepercayaan publik kembali lagi buat traveling adalah dengan adanya kesadaran masyarakat untuk tertib menerapkan protokol kesehatan ketat yang dianjurkan negeri sehingga angka penyebaran COVID-19 bisa melandai, vaksin yang mulai terdistribusi, serta penerapan protokol kesehatan dalam tempat wisata dan hotel, ” ungkapnya.

Pegipegi sendiri telah memiliki fitur Clean & Safe Stay untuk memudahkan pelanggan mencari hotel atau akomodasi yang telah menerapkan protokol kesehatan.