Penjualan Game dan Konsol Melonjak Drastis Selama Pandemi Covid-19

Jakarta, Selular. ID – Di tengah status sulit menangani pandemi Covid-19, sebesar industri game justru meraup makna yang besar. Hal ini kausa meningkatnya penjualan game dan kosol gaming.

Informasi tersebut dilaporkan oleh lembaga riset, Game Sales Data (GSD). Dalam laporannya, terungkap bahwa ada peningkatan penjualan game beserta konsolnya selama peride 16 hingga 22 Maret 2020, dikutip dari Gizmochina, Jumat (3/4).

Sejak Microsoft dan Sony memutuskan mulai mengisyaratkan merilis konsol gaming tingkatan berikutnya, penjualan konsol menurun dalam beberapa bulan terakhir lantaran mereka menunggu kehadiran dari konsol gaming baru tersebut. Namun, pandemi Covid-19 tengah mengubah keadaan tersebut, yakni dengan mendongkrak penjualan dari Playstation 4, Xbox One dan Nintendo Switch.

Baca selalu: Kemkominfo, AGI dan Clevio Gaungkan Buat Game di Rumah

Berdasarkan data, penjualan konsol naik menjadi 155% secara kaya dalam beberapa kali. Khusus pada Australia naik 285, 6%, Inggris 250%, Perancis 140, 6%, Italia 84%, dan Spanyol 66%. Sementara, unduhan game digital naik sebanyak 52, 9% di 50 pasar, tak termasuk Doom Enternal serta Animal Crossing: New Horizons. Apalagi, peningkatan juga terjadi pada pemasaran game fisik, melonjak 82%.

Sebenarnya, meningkatnya penjualan game beserta konsol terbilang wajar. Hal ini karena sejumlah negara telah menerapkan sistem Lockdown atau hanya sekedar beraktivitas dirumah selama pandemi Covid-19. Sehingga, banyak anak dengan menghabiskan waktu luang mereka dirumah dengan bermain video game.