Persediaan Berikan Solusi yang Adaptif selama Pandemi

Jakarta, Selular. ID – Semasa pandemi Covid-19, masyarakat telah mengubah pola aktivitas interaktifnya, dari semula interaksi tatap muka (fisik) menjadi non-fisik (virtual), termasuk dalam bertransaksi. Sejumlah layanan pembayaran digital mengadukan peningkatan trafik selama tiga bulan terakhir, termasuk Dana.

Dana mengklaim trafiknya meningkat 15% dari sebelum masa pandemi. Pokok kesuksesan itu adalah memperluas inklusi finansial digital bagi masyarakat Indonesia dengan teknologi yang ramah, penuh dan adaptif dengan berbagai situasi, termasuk di masa New Wajar.

Kaum inisiatif dompet digital Dana yang adaptif antara lain:

Miniprogram Dana Siap Siaga Covid-19

Pertama kali live pada 28 Maret 2020, dalam kanal khusus untuk miniprogram Jadi Siaga Covid-19, Dana menyediakan fitur-fitur yang memungkinkan penggunanya untuk ingat terhadap diri sendiri dan lingkungan, serta melakukan aksi solidaritas dalam berbagai bentuk.

Berangkat dari akses informasi aktual yang akurat tentang perkembangan penyebaran virus Corona COVID-19 di Indonesia; Tips-tips bermanfaat tentang bertransaksi nontunai digital yang aman dan praktis dengan bisa dijadikan panduan selama era pandemi berlangsung; Melakukan dignosis mandiri dan terakses dengan Layanan Hotline COVID-19; Mendapatkan informasi rumah melempem terdekat; sampai Melakukan donasi digital melalui Kitabisa. com.

Gerakan #Belanjadi WarungTetangga

Melalui gerakan yang digagas oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM), Dana mengajak masyarakat untuk mencantumkan warung-warung di sekitar mereka, sekali lalu mendorong masyarakat untuk berbelanja dalam warung tetangganya untuk mendukung perekonomian rakyat.

Dalam miniprogram Siap Siaga Covid-19, tersemat fitur pendataan warung/UMKM yang dapat diakses oleh pengguna dompet digital Pemberian untuk mendaftarkan warung-warung di sekitar tempat tinggal mereka.

Daftar warung yang terkumpul tepat diserahkan kepada Kemenkop. Warung-warung yang sudah lolos verifikasi oleh Kemenkop akan mendapatkan voucher belanja di akun dompet digital Dana milik mereka.

Jumlah lepau dan UMKM yang sudah didaftarkan dalam program ini sejak pertama kali live sudah mencapai bertambah dari 3. 500 warung.

Aksi #TempatSinggahPejuangMedis

Tenaga medis merupakan profesi dengan tingkat kerentanan sangat tinggi untuk terpapar Covid-19. Di tengah penanganan pandemi, tenaga medis juga memiliki intensitas kerja yang sangat mulia, serta memerlukan istirahat yang bernas.

Ketersediaan tempat mengaso yang layak dan memenuhi kaki bagi tenaga medis menjadi salah satu isu utama yang kudu segera diantisipasi saat ini. Untuk mewujudkannya, butuh dukungan serta partisipasi masyarakat.

Dana berangkulan dengan KitaBisa. com dan BenihBaik. com untuk melakukan penggalangan pemberian (crowdfunding) bagi gerakan kemanusiaan yang digagas Yayasan Habitat ini.

Hingga saat ini, Habitat telah mengakomodasi kebutuhan sekira 30% dari total 600 total tenaga medis yang menjadi target.

Dukung UMKM Lewat Home Shopping

Layanan tersebut ditujukan untuk membantu para pacar merchant Dana, khususnya mitra offline, agar dapat tetap beroperasi pada tengah pandemi. Fitur ini melekatkan pengguna Dana dengan merchant favoritnya melalui layanan pesan instan WhatsApp.

Selanjutnya, konsumen sanggup langsung memesan barang ataupun menu makanan dan minuman dari merchant, dan melakukan pembayaran menggunakan Pemberian QRIS. Pihak merchant akan mengirimkan pesanan langsung ke alamat konsumen.

Dana Telemedicine

Pandemi telah membuat sebagian masyarakat berpikir beberapa kali sebelum pergi ke rumah sakit. Buat memberikan solusi terhadap kekhawatiran itu, Dana telah meluncurkan fitur Telemedicine yang terhubung langsung ke YesDok, aplikasi penyedia layanan telemedika.

Dengan begitu, masyarakat mampu mendapatkan pemeriksaan atau berkonsultasi melalui video dengan dokter serta menyabet obat-obat yang diresepkan, kapan sekadar dan di mana saja.

YesDok juga memberikan dialog video gratis untuk setiap penerapan pertama di aplikasi. Konsultasi gambar ini dapat digunakan untuk banyak hal: seperti menanyakan penggunaan obat yang baik dan benarinformasi terkini melanda Covid-19 atau apa saja perlu mendukung kenyamanan pengguna dari panti selama 24 jam.

Layanan telemedika ini menjamin privasi dan kemanan data pengguna. Bila dirasa tidak nyaman, pengguna mampu meminta agar proses konsultasi tidak direkam.

Dana Siaga

Inisiatif terbaru kampit digital Dana yang bisa membangun masyarakat beradaptasi di masa New Normal dan ke depan merupakan Dana Siaga. Melalui fitur tersebut, masyarakat berpenghasilan rendah bisa mengambil produk asuransi dengan premi dengan terjangkau dengan mudah melalui ponselnya.

Masyarakat berpenghasilan hina selama ini sangat sulit untuk memiliki produk asuransi karena sebesar kendala, mulai dari premi dengan mahal, akses yang terbatas, persyaratan yang ketat, hingga proses permintaan yang panjang. Tantangannya semakin berserang dengan adanya pandemi yang menuntut masyarakat untuk menghindari interaksi fisik.

Dana Siaga membawa kemudahan bagi masyarakat yang memerlukan produk asuransi dengan premi terjangkau, proses yang simpel, serta permintaan yang lebih cepat yang disediakan platform teknologi asuransi PasarPolis.

Ada dua produk asuransi mikro yang bisa dibeli mencuaikan fitur Dana Siaga. Pertama, asuransi jiwa Term-Life dari Star Investama dengan premi mulai dari Rp8 ribu per bulan hingga Rp40 ribu per 12 bulan dengan biaya pertanggungan hingga Rp10 juta.

Kedua, asuransi kesehatan tubuh Hospital Cash Plan dari Lippo Insurance dengan premi Rp9. 900 per bulan hingga Rp118 ribu per 12 bulan, dengan kadar manfaat rawat inap Rp50 seperseribu per hari (perawatan tanpa operasi) dan Rp100 ribu per keadaan (perawatan dengan operasi).