Telkomsel Optimalisasi Jaringan Broadband serta Digital Jelang Ramadan 1442H

Jakarta, Selular. ID – Telkomsel siap menguatkan ketersediaan kualitas jaringan serta layanan yang prima sepanjang Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 1442 H. Kesiapan tersebut diwujudkan dengan melakukan perlindungan dan pemantuan operasional jaringan khususnya layanan broadband yang difokuskan di wilayah dengan potensi lonjakan trafik hubungan yang tinggi, serta optimalisasi titik layanan pelanggan pada berbagai saluran digital.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, “Telkomsel senantiasa menghadirkan layanan bernilai tambahan yang diharapkan dapat mengambil lebih banyak kesempatan untuk seluruh lapisan masyarakat buat terus terhubung bersama orang-orang terdekat dan tetap damai dalam menjalin silaturahmi meniti pemanfaatan akses teknologi digital terdepan dari Telkomsel. Kejadian tersebut kami upayakan meniti rangkaian upaya pengamanan jaringan dan optimalisasi pelayanan dengan difokuskan dilakukan mendampingi umum dalam menjalani Ramadan & Idulfitri tanpa kehilangan esensinya, di tengah masa pandemi yang masih berlangsung. ”

Pengamanan Jaringan Broadband

Pada RAFI tahun ini, pengamanan operasional jaringan Telkomsel sebagai antisipasi lonjakan trafik komunikasi khususnya kanal broadband untuk konektivitas digital akan difokuskan di provinsi residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan COVID-19, bercak transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, rel penyaluran logistik, serta daerah spesial lainnya seperti was-was pelayanan publik.

Telkomsel memperkirakan akan tetap terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi di momen RAFI 2021 jika dibandingkan dengan hari normal di 2021. Trafik layanan broadband diprediksi hendak tumbuh sebesar 8, 54%, sedangkan trafik layanan seruan suara dan SMS diproyeksi akan mengalami peningkatan sejumlah 3, 14% dan 2, 95%. Proyeksi tersebut pertama didasari dengan semakin cepatnya perubahan perilaku masyarakat di mengadopsi pemanfaatan layanan digital untuk mendapatkan kemudahan & pengalaman lebih dalam melaksanakan aktivitas keseharian, khususnya dalam tengah pandemi COVID-19.

Memahami hal tersebut, Telkomsel secara proaktif telah menjalankan berbagai upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan dengan mengoperasikan tambahan 63 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) dan menambah kapasitas internet capacity menjadi 8, 07 Tbps.

Selain itu, hingga April 2021, Telkomsel juga sudah menggelar tambahan 263 bagian BTS 4G/LTE baru, jadi secara keseluruhan Telkomsel kini telah mengoperasikan lebih dari 236. 000 unit BTS yang sebagian besarnya telah didukung teknologi broadband 3G dan 4G/LTE. Selain itu, lebih dari 50 kota/kabupaten di Indonesia juga telah terlayani layanan VoLTE.

Persiapan Telkomsel pada menyediakan jaringan yang prima di RAFI tahun itu pun dilengkapi dengan kegiatan pengamatan dan penanganan jaringan yang mayoritas dilakukan secara virtual.

Optimalisasi Saluran Digital

Telkomsel mengajak pelanggan buat lebih memanfaatkan pusat servis dan saluran produk digital yang tersedia di berbagai platform yang terus dioptimalkan oleh Telkomsel dari periode ke waktu. Pelanggan mampu mengakses pusat layanan di Call Center 188, penerapan MyTelkomsel, situs www.telkomsel.com, email cs@telkomsel. co. id, mengikuti akun resmi Telkomsel di media sosial.

Direktur Sales Telkomsel Hendry Mulya Syam lebih sendat menjelaskan “Sejak beberapa tarikh terakhir, Telkomsel secara konsisten telah melakukan transformasi dengan mengedepankan pemanfaatan teknologi digital untuk memenuhi kebutuhan kelompok. Dengan memaksimalkan layanan berbasis aplikasi termasuk mendorong kehadiran akses layanan pelanggan pada saluran digital, diharapkan pengalaman gaya hidup digital masyarakat Indonesia akan semakin setimpal dan merata, termasuk pada menjalani aktivitas keseharian pada momen RAFI tahun itu. ”

Optimalisasi pelayanan pelanggan pun tak hanya dijalankan di tata cara digital. Telkomsel memastikan bahwa seluruh GraPARI di Nusantara tetap beroperasi normal semasa RAFI 2021 dengan habituasi jam operasional serta menjalankan protokol kesehatan yang berlaku demi memberikan rasa tenang dan kenyamanan baik bagi petugas layanan maupun konsumen yang akan saling berinteraksi secara langsung guna memperoleh informasi mengenai produk serta layanan Telkomsel.