TWS Bertangkai VS Earbud, Mana yang Cocok Buat Gerak?

Jakarta, Selular. ID – True Wireless Stereo (TWS) kini menjadi favorit bagi pengguna smartphone. Desainnya yang biasa, ringkas dan tanpa kabel membuat TWS cocok dimanfaatkan untuk beragam aktivitas seperti olahraga, bekerja, belajar, berlaku game, atau sekedar bermalas-malasan sambil mendengarkan musik.

Apalagi di rekan Indonesia saat ini, hadir beragam TWS dengan bervariasi desain menarik seperti cara earbuds dan bertangkai. Selain itu, spesifikasi, fitur, serta harga TWS yang ditawarkan juga bervariasi. Produk TWS yang kini menjadi favorit pengguna smartphone adalah Oppo Enco Air dan Oppo Enco Buds.

Oppo Enco Air VS Oppo Enco Buds

Sekedar informasi, Oppo Enco Buds sudah tersedia dalam Indonesia sejak awal Juni lalu melalui Shopee secara harga Rp. 599. 000. Sementara Oppo Enco Air baru tersedia di Indonesia pada 2 Juli 2021 dengan harga Rp. 999. 000.

Oppo Enco Air mengusung pola bertangkai. Sedangkan Oppo Enco Buds memiliki desain earbuds.

Kalau kalian lebih suka TWS dengan bertangkai atau earbuds? Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Kali ini Selular ID memberikan rekomendasi TWS Oppo Enco Air True Wireless Earphone dengan pola bertangkai dan Oppo Enco Buds dengan desain earbuds yang nyaman digunakan buat berbagai kegiatan.

Desain Oppo Enco Air dan Oppo Enco Buds

Oppo Enco Air hadir di dalam dua varian warna misty white dan misty black. Sementara Oppo Enco Buds punya dua warna yaitu biru dan putih.

Oppo Enco Tirta mengusung desain bertangkai serta semi-in-ear telah teruji & dibentuk agar sesuai dengan lekukan alami telinga pribadi dengan nyaman. Sesuai namanya, Oppo Enco Buds mempunyai earbud dan bantalan telinga silikon yang dapat dipilih dalam tiga ukuran berbeda yang pastinya membuat enak pengguna.

Oppo Enco Buds memiliki nilai 4 gram yang lulus ringan dan nyaman digunakan. Sementara Oppo Enco Buds memiliki bobot yang bertambah ringan, hanya 3, 75 gram.

Menyuarakan juga: Review Oppo Enco Buds: Dengar Musik 24 Jam Non-stop

Dengan sertifikasi IPX4, pemakai tidak perlu khawatir melanggar Oppo Enco Air semasa secara tidak sengaja terciprat oleh air. Sama halnya dengan Oppo Enco Buds yang didukung sertifikasi IP54 sehingga mampu menahan duli dan air.

Oppo Enco Air dilengkapi cangkang bertekstur matte berdesain kerikil dengan penutup atas masuk pandang. Case ini dapat digunakan untuk mengisi gaya Oppo Enco Air.

Sementara casing Oppo Enco Buds dirancang secara desain mengkilap yang semburat seperti pantulan pantai di bawah sinar matahari. Casing ini juga dapat memasukkan daya Oppo Enco Buds.

Performa Audio Enco Air dan Oppo Enco Buds

Dengan teknologi 12 mm composite titanium dynamic driver, casing kubah Earphone berisi dari polyethylene naphthalate (PEN) berlapis titanium, sejenis poliester yang dikenal sebagai penghalang oksigen yang sangat molek yang dapat secara efektif menekan getaran tersegmentasi serta meningkatkan transien audio. Sedangkan untuk tepi driver, terbuat dari polyurethane (PU) yang ringan dan tahan periode yang akan meningkatkan penguasaan bass dinamis serta melindungi suara yang halus & alami. Berkat perpaduan target ini, Oppo Enco Cairan True Wireless Earphone menganjurkan audio yang sangat setara, menghadirkan bass yang mampu dan tebal serta nada midrange dan treble yang jernih.

 

Oppo Enco Air True Wireless Earphone dibuat dengan tuning sebab tim R& D Teknologi Blu-ray Oppo yang memiliki pengalaman selama 16 tahun di dunia audio – visual. Untuk format audio, Oppo Enco Air True Wireless Earphone mendukung pengkodean definisi tinggi dan subband codec (SBC). Kemampuan pengkodean AAC yang sangat luhur memberikan hampir setiap uraian pada suara.

Menangkap juga: Review Oppo Enco Air: TWS All-Rounder Ulung Oppo

Oppo Enco Air True Wireless Earphone mengadopsi teknologi beamforming mikrofon ganda. Setiap Earphone memiliki dua mikrofon privat yang sangat sensitif untuk meningkatkan fokus dan kejernihan vocal. TWS ini dilengkapi dengan algoritma AI serius yang memanfaatkan DNN buat meredam kebisingan. Algoritma peredam bising pintar ini merangsang pendengaran binaural manusia untuk membedakan dan memisahkan suara manusia dan kebisingan latar belakang secara real-time.

Oppo Enco Bud

Dengan chip Bluetooth 5. 2 terintegrasi, Oppo Enco Air True Wireless Earphone dioptimalkan untuk asosiasi yang stabil, konsumsi gaya yang rendah, dan penguasaan anti-interferensi yang lebih kuat, menawarkan stabilitas koneksi dengan solid dalam jangkauan tenggat 10 meter.

Sementara Oppo Enco Buds hadir dengan koil hidup 8 mm. Secara umum, semakin besar ukuran koil bergerak, semakin baik kinerja frekuensi rendah, memungkinkan bass yang lebih dalam.

Oppo Enco Buds juga mendukung AAC (Advanced Audio Coding), protokol gigi audio definisi tinggi dengan tingkat pengkodean audio mulia yang mempertahankan lebih penuh detail suara untuk kualitas suara yang lebih baik. Dengan begitu, pastinya karakter suara Oppo Enco Buds sudah tidak diragukan lagi, lebih stereo dan bass lebih terasa.

Sebagai perangkat earbuds yang keluaran 2021, sudah tetap Oppo Enco Buds membawa teknologi terkini. Salah satunya dengan algoritma cerdas berbasis model DNN, suara Anda akan diekstraksi dengan positif dari kebisingan dasar selama panggilan.

Kebisingan latar belakang terutama mengacu pada kebisingan keadaan tunak, yang tingkatnya tidak berubah lebih dari 5 dB di tempat tertentu dan selama waktu tertentu, sesuai kebisingan lalu lintas ataupun kereta bawah tanah. Juga, tidak berbicara selama panggilan telepon, orang lain tidak akan mendengar suara situasi belakang dengan jelas.

Koneksi Enco Air dan Oppo Enco Buds

Oppo Enco Air True Wireless Earphone memasangkan chip Bluetooth 5. 2 dengan transmisi binaural. Pengaturan ini akan mengurangi transmisi ulang untuk mengurangi latensi. Melalui pengoptimalan yang terkoordinasi, latensi pada Oppo Enco Air True Wireless Earphone menjadi rendah, cuma 94 ms.

Oppo Enco Bud

Untuk smartphone Oppo periode dan ponsel Android lainnya dengan aplikasi HeyMelody terinstal, latensi dikurangi hingga 47 ms. Melalui penundaan transmisi 80 ms ua kecil dalam mode game, menghasilkan bermain game semakin asik dengan suara yang menggelegar.

Sementara, Oppo Enco Buds dibenamkan chip Bluetooth 5. 2 yang mempu menstabilkan koneksi makin Ketika melakukan olahraga sesuai lari, bersepeda, dan yang lain. Oppo Enco Buds bisa secara otomatis menyala sendiri hanya dengan membuka casing pengisi daya. Saat melekatkan earbuds dengan ponsel arif untuk pertama kalinya, jendela pop-up tersedia pada contoh ponsel dan sistem berdiam Oppo ColorOS 11. 0. Model lain akan didukung setelah pembaruan OTA.

Fitur Tahan Air

Saat berolahraga, kita membutuhkan peralatan audio yang memungkinkan kita berkeringat tanpa khawatir rusak. Oppo Enco Buds memiliki IP54 tahan air sehingga pasa digunakan untuk berolahraga masa gerimis.

Tetapi casing Oppo Enco Buds tidak didukung fitur anti air. Sebaiknya jangan menggunakan earphone dan casing pengisi daya selama olahraga berat untuk mencegah kerusakan akibat keringat. Sama seperti Oppo Enco Buds, Oppo Enco Cairan juga mampu menahan cairan seperti terkena keringat zaman berolahraga, atau tertumpah salinan dengan sertifikasi IPX4.

Daya tahan

Oppo Enco Minuman True Wireless Earphone dirancang untuk penggunaan streaming sepanjang hari, dapat bertahan hingga 4 jam jika dimanfaatkan berkelanjutan. Saat digunakan secara casing pengisi daya, pengguna dapat menikmati musik mematok 24 jam. Selain pemutaran musik, Earphone ini selalu menawarkan waktu bicara hingga 2, 5 jam, dan waktu bicara 15 jam jika digunakan dengan casing pengisi daya.

Oppo Enco Air True Wireless Earphone memiliki penguasaan pengisian daya ganda, menguatkan pengguna mengisi daya Earphone dan casing pengisidaya secara bersamaan. Dalam 10 menit pengisian daya Oppo Enco Air akan memberikan 8 jam masa pakai baterai. Satu setengah jam ialah Waktu yang diperlukan buat Oppo Enco Air terisi penuh.

Oppo Enco Bud

Sedangkan Oppo Enco Buds mampu bertahan hingga 24 Tanda dalam sekali charge menggunakan casing. Oppo Enco Buds dapat terisi penuh selama 6 jam dan bisa digunakan untuk menikmati irama, bermain game dan menyelenggarakan panggilan telepon selama seharian penuh. Hanya dengan pengisian 15 menit, pengguna mampu mendengarkan lagu selama utama jam.

Pengaruh mudah

Oppo Enco Buds dapat dikontrol dengan mudah, cukup ketuk sekali untuk menjeda irama yang kamu dengarkan. Selanjutnya ketuk dua kali buat mengganti lagu

Ketuk tiga kali buat mengaktifkan Mode Game. Kemudian sentuh dan tahan buat menyesuaikan volume.

Kamu juga dapat mengatur kontrol sentuh sendiri yang disesuaikan pada perangkat buat kontrol alami yang sempurna akan pengalaman audio. Pemakai Oppo ColorOS 11. 0+ dapat menyesuaikan earbud mereka dengan membuka Oppo Enco Buds > Fungsi Earbud pada antarmuka Bluetooth hp mereka. Pengguna Android enam. 0+ dapat mengunduh serta menginstal aplikasi HeyMelody sejak Google Play Store untuk menyesuaikan earbud mereka. Penggunaan saat ini sedang tak tersedia untuk iOS.

Sama seperti Enco series lainnya, pengguna mampu mengendalikan pemutaran audio secara mudah. Cukup ketuk besar kali untuk melewatkan corak atau menjawab atau menutup panggilan telepon. Ketuk tiga kali untuk mengaktifkan asisten suara Google.

Kamu juga bisa ketuk dan tahan lubang pandangan kiri selama 1 detik untuk menurunkan volume audio atau meluncurkan mode game. Ketuk dan tahan lubang suara kanan untuk meningkatkan volume audio. Selanjutnya ketuk dan tahan kedua earpiece untuk masuk ke auto-paring saat memakai Earphone.

Oppo Enco Air

Untuk pengguna smartphone Oppo dengan sistem operasi ColorOS 7. 0 ke atas, masuk ke menu Bluetooth, pilih “Oppo Enco Air” > “Fungsi Headphone”. Sementara untuk smartphone Oppo tipe lama atau smartphone Android non-Oppo, bisa mengunduh aplikasi HeyMelody untuk melayani penyesuaian.

Kesimpulan

Dengan pola bertangkai dan serangkaian fitur audio menarik, Oppo Enco Air cocok digunakan untuk penikmat musik. Sedangkan Oppo Enco Buds cocok dimanfaatkan untuk olahraga dengan pola earbuds, fitur tahan cairan dan fitur audio yang cocok buat olahraga masa keringat.

The post TWS Bertangkai VS Earbud, Mana yang Tepat Buat Olahraga? appeared first on Selular. ID.