Vivo dan Oppo Pimpin Pasar Smartphone Indonesia Q2-2020

Jakarta, Selular. ID – Perusahaan riset Counterpoint mengeluarkan laporan terbaru yang menyimpan pergerakan smartphone di Indonesia semasa kuartal kedua 2020. Dikatakan, pemasaran pasar smartphone Indonesia turun 20% YoY dan 9% QoQ di Q2 2020.

Penurunan yang terjadi terutama karena hasil ekonomi yang merugikan dari pandemi COVID-19, menurut penelitian terbaru sebab Counterpoint Research Model Sales Tracker.

Lima merek smartphone teratas selama April–Juni 2020 adalah Vivo, Oppo, Samsung, Xiaomi dan Realme. Kelimanya membantu lebih dari 90% dari total penjualan smartphone selama kuartal itu.

Vivo terus menyelenggarakan pasar smartphone dengan pangsa 21, 2% pada Q2 2020, diikuti oleh Oppo (20, 6%) dan Samsung (19, 6%). Produsen ponsel asal Tiongkok terus mendominasi pasar smartphone Indonesia, merebut empat slot di lima merek teratas dengan strategi pemasaran mereka yang bergairah.

Kesuksesan Vivo, menurut analis, adalah strategi penetapan harga yang agresif dan permintaan yang besar sejak segmen kelas menengah bawah dan Tier 2. Model smartphone Vivo seperti Y12, Y91C, dan Y50 menjadi kontributor teratas untuk bagian pasarnya.

Vivo berpengaruh di segmen offline, begitu juga Oppo. Selisih sedikit di pungkur Vivo, Oppo telah merangsang pasar dengan smartphone seri A.

Penjualan Online Terbang 70%

Mengomentari pasar online, Research Associate Tanvi Sharma mengatakan, “Penjualan smartphone online di Indonesia tumbuh 70% YoY dan 7% QoQ selama Q2 2020. Total pangsa pasar smartphone online mencapai titik tertinggi sepanjang masa sebesar 19% selama Q2 2020, dibandingkan hingga 9% pada Q2 2019. Lonjakan ini terutama disebabkan oleh kebutuhan akan jarak baik yang dipicu oleh COVID-19 dan strategi pemasaran inovatif seperti berbelanja melalui WhatsApp. Platform e-commerce Lazada menduduki puncak grafik dengan 50% saham, meninggalkan Shopee (24%) & Tokopedia (15%). ”

Sharma menambahkan, “Tren belanja online ini diharapkan terus tumbuh sebab platform e-commerce semakin besar di dalam kegiatan promosi. Baru-baru ini, Shopee meluncurkan acara belanja tiga minggu yang disebut 9. 9 Super Shopping Day, menawarkan pengiriman gratis dan diskon larut malam. ”

Mengomentari kinerja merek, Associate Director Tarun Pathak berkata, “Xiaomi tampak sebagai pemimpin dalam penjualan tata cara online dengan pangsa 40%. Redmi 8A-nya menjadi model teratas buat penjualan saluran online, diikuti sebab seri Realme 5i dan Redmi Note 8. Realme menempati kondisi kedua dalam penjualan saluran online dengan pangsa 33%. Samsung menyimpan posisi ketiga dengan 10% pangsa pasar, Galaxy A10s, A10 serta A50-nya berada di antara penyokong teratas. ”

Top E-commerce dalam Penjualan Smartphone

Pathak memasukkan, “Industri e-commerce telah melihat pertumbuhan besar dalam tiga bulan ini, berkat COVID-19. E-wallet seperti Ovo dan GoPay menjadi lebih umum karena pembayaran digital menggantikan kekayaan tunai. Selain itu, diskon serta penawaran promosi sangat penting untuk memikat konsumen ke platform e-niaga. ”